Sabtu, 07 Januari 2012

tips agar lampu rumah tahan lama

http://www.google.co.id/imgres
yup yup.... mulai lagi ne berbagi tip buat sobat2 gue....
kali ini gue mau berbagi tips agar lampu rumah sobat2ku pada awet bisa dipake jangka lama..

sebelumnya ane mau mastiin buat plend2ku pengertian tentang dari mana asal
nyala lampu yg kita nikmati tiap saat tuh.. oke langsung aja ane jelasin....
-nyala lampu berasal dari energi listrik yg dihubungsingkatkan atau dibuat berpendar atau dibuat semacam loncatan listrik dengan kemampuan tertentu seperti yang tertulis di setiap lampu tersebut contohnya 10waatt, 5watt, 15watt dan sebagainya. nah ukuran tersebut sudah dibatasi nyala terangnya oleh benda yang biasa kita sebut dengan resistor yang ada di dalam lampu tersebut serta bekerja pada tegangan (volt) tertentu misalnya yang umum kita lihat adalah tegangan 220 volt. nah.... agar lampu tersebut bisa dipake dalam jangka waktu yang cukup lama tentunya lampu tersebut harus digunakan sesuai dengan tegangan dan arus yang tertera di lampu tersebut. klo seandainya lampu tersebut dinyalakan menggunakan tegangan yang lebih besar maka bisa dipastikan akan cepat padam ato mati.
tapi biasanya tegangan dirumah kita tidak selalu stabil 220volt karena listrik yang disediakan oleh perusahaan di indonesia yaitu ( ..... ) hanyalah sebuah faktor tegangan dikali arus (V x I) syukur klo kita dapat tegangan 220volt, klo seandainya diatas 220volt bisa berabe alat2 dirumah, yg pasti akan cepet hangus atau rusak.nah itulah penyebab peralatan dirumah kita dan juga lampu2 tidak tahan lama.

http://www.google.co.id/imgres

okeyy..... coy.... langsung aja pada intinya
pertama pastikan tegangan listrik rumah lo 220volt, ukur pake voltmeter. jika sudah sesuai berarti aman, nah bagi yang hasil ukurnya gak sesuai ikuti langkah berikut :
- pasanglah arde di instalasi listrik lo disambung dengan kabel negatif/nol pada instalasi listrik ( langkah ini hanya untuk listrik dengan meteran mekanik yang indikator nya memakai digit kayak spido meter motor kita) ( jangan lakukan jika meteran nya digital atau prabayar karena pemakaian akan boros)

kedua nyalakan tv lo sementara mata melihat di lampu, perhatikan ketika nyalain tv apabila lampunya berkedip maka lo harus lakuin hal berikut :
- cek seluruh sambungan kabel instalasi listrik jika ada yang kendor kencangkan pake tank lalu beri selotip agar aman.
- cek ukuran kabel, klo listrik rumah memiliki daya antara 450VA - 1300VA minimal jalur utama ukuran kabel 1,5mm, kalo daya antara 2200VA - 3500VA minimal jalur utama ukuran kabel 2,5mm, klo 4400VA - 5500VA lo harus pake kabel ukuran 4mm. ( klo kabel tidak sesuai harus diganti )
- kemudian cek pembagian arus pada panel pembagi atau MCB, jika satu jalur digunakan untuk banyak alat lo perlu tambah MCB lagi. maksimal satu jalur terdapat 6 titik alat.

Yg Terakhir neh.... sekaligus buat keamanan seluruh anggota rumah...
- cek instalasi listrik lo pastikan jalur listrik memakai 3 jalur yaitu plus (+) ; minus (-); ground. ketiga jalur tersebut harus berjalan sendiri2 dan gak boleh digabung antara ground dengan minus (fungsi yg aku sebutin yg pertama harus arde tersendiri ) karena dapat berfungsi menghilangkan listrik saat lo kesetrum trus juga dapat sebagai penangkal petir.

wahhh.... capek juga neh klo udah gini lampu rumah lo semua dijamin pasti pada awet muda....
yup klo lo masih belum puas bisa ditambah kan resistor pada input alat lampu dirumah agan sehingga lampu tidak bekerja secara penuh sehingga akan tahan lebih lama.

klo kalian udah paham selamat mencoba ya.... tips tersebut juga dapat membuat alat2 elektronik yang ada dirumah awet muda. sippppp dah.....

klo ada yg mau nambahin silakan sapa tahu lebih bermanfaat....

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar